Dokumentasi Mars dan Jingle Pemilihan Umum

Pada penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) juga digunakan lagu mars atau jingle sebagai salah satu cara mensosialisasikan pemilu. Hal ini sudah berlangsung sejak pemilu pertama di Indonesia tahun 1955 yang diteruskan hingga saat ini. Pada laman ini, ditampilkan dokumentasi mars dan jingle pemilu yang pernah dipergunakan pada penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Mars Pemilu 1971-1997

Lagu yang berjudul “Pemilihan Umum” ini dipergunakan pada setiap kali penyelenggaraan pemilu pada masa pemerintahan orde baru. Mochtar Embut adalah komponis yang diminta untuk pemerintah membuat lagu pemilu.

Mars Pemilu 1999-2014

Jelang Pemilu 1999, komponis dan penggubah lagu Nortier Simanungkalit diminta Lembaga Pemilihan Umum untuk menggubah lagu pemilu yang baru sebagai pengganti lagu karya Mochtar Embut. Dalam waktu sepekan Simanungkalit berhasil menyelesaikan lagu berjudul “Mars Pemilihan Umum” yang diaransemen oleh Vicky Sianipar.

Jingle Pemilu 2014

Jelang penyelenggaraan pemilu tahun 2014, KPU Republik Indonesia menyelenggarakan sayembara cipta jingle pemilu pada 1 Juli hingga 17 Agustus 2013 yang akan digunakan untuk mensosialisasikan Pemilu 2014. Lagu yang berjudul “Memilih untuk Indonesia” karya Enrico Michael Wuri dari Sulawesi Utara akhirnya terpilih sebagai jingle resmi Pemilu 2014 dengan Judika yang didaulat untuk membawakannya secara resmi.

Jingle Pemilu 2019

Jingle Pemilu 2019 berjudul Pemilih Berdaulat Negara Indonesia Kuat diciptakan oleh L. Agus Wahyudi. Sementara Eros Sheila On 7 dipercaya untuk mengaransemen ulang dan dinyanyikan oleh Kikan.

Gulir ke Atas